BelajarMenulis.com http://www.belajarmenulis.com Penulis Sukses Berawal dari Sini Thu, 30 Aug 2012 23:41:54 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.5.1 Menulis dengan Tulisan Tangan Lebih Efektif? http://www.belajarmenulis.com/menulis-dengan-tulisan-tangan-lebih-efektif http://www.belajarmenulis.com/menulis-dengan-tulisan-tangan-lebih-efektif#comments Wed, 28 Mar 2012 03:36:12 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=115 Bang Jonru, izinkan saya bertanya satu hal mengenai kegiatan tulis-menulis. Saya adalah seorang mahasiswa semester II  jurusan Sastra Indonesia. Saya bercita-cita menjadi seorang NOVELIS dengan karya-karya novel roman yang diterbitkan di seluruh belahan negara di dunia. Yang jadi pertanyaan saya adalah:

  1. Apakah saya harus menulis menggunakan pena dan selembar kertas, atau sebuah laptop dengan Microsoft Word?
  2. Lebih cepat menggunakan media apa supaya saya cepat menguasai kegiatan menulis novel?
  3. Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis dengan tangan akan membuat si penulis cepat belajar. Apakah itu benar?

Pengirim: Ari Setyawan (20 tahun, Yogyakarta, dari Contact Form)

Baca Selengkapnya >>

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/menulis-dengan-tulisan-tangan-lebih-efektif/feed 0
Sekolah-Menulis Online Kembali Hadir http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-kembali-hadir http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-kembali-hadir#comments Mon, 19 Mar 2012 21:23:40 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=111 Sekolah-Menulis Online yang sempat “hilang dari peredaran” selama setahun, kini hadir kembali dengan konsep baru yang jauh berbeda dari sebelumnya. Seperti apakah itu? Baca info selengkapnya di sini >>

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-kembali-hadir/feed 0
Tulislah Hal-Hal yang Paling Dikuasai http://www.belajarmenulis.com/tulislah-hal-hal-yang-paling-dikuasai http://www.belajarmenulis.com/tulislah-hal-hal-yang-paling-dikuasai#comments Wed, 26 Jan 2011 09:47:57 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=102 Assalamualaikum, Pak Jonru. Nama saya Dinan, latar belakang pendidikan saya pesantren. Saya ingin tahu, kalau saya menulis apakah sebaiknya yang bertema religi atau bisa juga selain tema itu? Karena saya memang tidak mumpuni kecuali yang bertema religi. Terima kasih.

Pengirim: Dinan Regana via formspring

Jawaban:

Waalaikumsalam

Dinan..

Yang terbaik adalah ketika kita menulis tentang hal-hal yang paling kita kuasai dan minati. Jadi bila Dinan merasa paling pas menulis hal-hal yang bertema religi, ya silahkan fokus di sana.

Tapi terlepas dari tema apapun yang Dinan tulis, ada satu hal yang harus diingat: Tulisan Dinan nanti akan dibaca oleh publik, mungkin diterbitkan jadi buku atau dimuat di media cetak atau blog. Karena itu, yang paling penting untuk dipikirkan adalah: Tulisan-tulisan Dinan harus memiliki nilai jual, juga menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

Untuk membuat tulisan yang memiliki nilai jual, menarik dan bermanfaat bagi pembaca, tentu Dinan harus belajar banyak. Salah satu alternatifnya, Dinan bisa bergabung dengan Sekolah-Menulis Online. Di sini Dinan bisa belajar banyak mengenai kiat-kiat menulis, naskah Dinan juga akan dibedah dan diberi saran revisi oleh penulis berpengalaman. Dan masih banyak fasilitas menarik lainnya.

Info selengkapnya bisa Dinan baca di www.sekolahmenulisonline.com

Semoga penjelasannya membantu ya..

Salam Sukses!

Jonru

CEO Writers Academy

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/tulislah-hal-hal-yang-paling-dikuasai/feed 19
Ingin Menulis, Tapi Minim Fasilitas http://www.belajarmenulis.com/ingin-menulis-tapi-minim-fasilitas http://www.belajarmenulis.com/ingin-menulis-tapi-minim-fasilitas#comments Fri, 21 Jan 2011 10:51:05 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=100 Mas, saya pengen belajar untuk jadi seorang penulis,tapi saya bukan dari kalangan orang yang mampu. Apa ada cara supaya saya bisa mewujudkan impian saya, Mas? Soalnya saya pengen mengubah kehidupan perekonomian saya, Mas. Saya harap dari dunia menulis yang akan saya pelajari ini bisa mewujudkan impian saya.

Pengirim: Rendrarere via formspring

Jawaban:

Salam, Mas Rendrarere,

Kalau Anda ingin menulis dengan tujuan untuk mengubah nasib, maka nasib Anda tak akan berubah bila Anda tidak mulai menulis sejak sekarang.

Saya dulu juga mulai menulis dalam keadaan keluarga yang sangat tidak mampu. Saat itu belum ada komputer. Orang-orang umumnya menulis dengan mesin tik dan tragisnya saya belum punya mesin tik. Akhirnya saya menulis naskah cerpen dengan tulisan tangan lalu saya bawa ke biro jasa pengetikan.

Yang penting bukan ada tidaknya fasilitas, tapi semangat, motivasi, dan tujuan yang kuat. Bila ketiga hal ini sudah Anda miliki, maka semua kendala dan kekurangan tak akan ada artinya.

Salam sukses ya!

Jonru

CEO Writers Academy

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/ingin-menulis-tapi-minim-fasilitas/feed 6
Tolong, Saya Kehilangan Motivasi Menulis http://www.belajarmenulis.com/tolong-saya-kehilangan-motivasi-menulis http://www.belajarmenulis.com/tolong-saya-kehilangan-motivasi-menulis#comments Thu, 20 Jan 2011 10:45:27 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=98 Mas Jonru, saya kehilangan motivasi menulis. Sekarang teman-teman dekat saya nggak ada yang hobi nulis. Kalau tidak ada teman, rasanya males banget nulis. Bisa kasih solusi?

Pengirim: Wahyu Mowato via formspring

Jawaban:

Mas Wahyu,

Ada anggapan bahwa salah satu syarat untuk jadi orang sukses adalah menghilangkan kebiasaan menggantungkan diri pada orang lain. Dan ternyata menurut pengalaman saya ini adalah syarat mutlak. Ketika seseorang masih sering menggantungkan dirinya pada orang lain, tidak mandiri, rasa takut sendiri, dan sebagainya yang pada intinya tidak punya ketetapan hati sendiri, maka orang itu tidak akan bisa mengeluarkan semua potensi yang dimilikinya. Dia akan takut atau minder untuk berekspresi tanpa ada orang lain di sekitarnya. Dan ini merupakan hal yang tabu untuk sukses karena terkadang sebuah kesempatan bisa saja muncul ketika Anda sendirian. Dan jika Anda melewatkan kesempatan itu hanya karena orang-orang di sekitar Anda tidak mendukung Anda, mungkin saja Anda telah melewatkan kesempatan terbesar dalam hidup Anda.

Dengan demikian, maka menggantungkan motivasi pada orang lain (termasuk orang yang paling dekat sekalipun seperti sahabat, suami, istri, orang tua, dan anak), merupakan salah satu penyakit yang bisa menghalangi sukses.

Jika Anda bergantung pada orang lain, ingatlah, bahwa sahabat Anda yang paling baik pun tak akan bisa menemani hidup Anda selamanya. Mereka niscaya punya urusan dan kesibukan masing-masing. Apalagi jika sudah berkeluarga. Mereka semua itu akan sangat sibuk dengan kehidupan mereka. Atau bagaimana bila mereka nanti meninggal dunia dan meninggalkan Anda. Tidak ada lagi orang yang bisa dijadikan tempat bergantung. Kondisi seperti ini cepat atau lambat akan menghampiri semua orang. Dan Anda harus menyiapkan diri Anda sendiri untuk menghadapi hal-hal sedemikian.

Kalau Anda ingin menjadi penulis sukses, paling tidak coba mulai sekarang biasakan untuk memotivasi diri sendiri. Dengan begitu semoga dapat membantu meneguhkan hati Anda dan menguatkan jiwa Anda untuk menjadi penulis.

Sebagai referensi lebih lanjut, coba klik http://www.penulishebat.com

Semoga penjelasan saya ini bisa membantu.

Salam sukses untuk Anda!

Jonru

CEO Writers Academy

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/tolong-saya-kehilangan-motivasi-menulis/feed 6
Bagaimana Supaya Tidak Mati dalam Menulis http://www.belajarmenulis.com/bagaimana-supaya-tidak-mati-dalam-menulis http://www.belajarmenulis.com/bagaimana-supaya-tidak-mati-dalam-menulis#comments Wed, 19 Jan 2011 10:31:13 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=96 Pak Jonru ada saran nggak buat saya yg mati lagi dalam dunia penulisan. Sudah tiga minggu ini saya sulit untuk menulis lagi.

Pengirim: Tri Nugroho via Jonru Fan Page.

Jawaban:

Halo Nugroho,

Kejadian “mati” lagi dalam menulis sering dialami penulis pemula. Penulis-penulis baru yang “nafasnya” kurang panjang sering kali terjebak dalam kondisi ini. Namun, tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya yang mati itu bukan idenya, apalagi raganya, tapi hanya gairah atau semangatnya saja. Biasanya, hilangnya semangat itu terjadi ketika sang penulis kehilangan tujuan dalam menulis. Nah, kehilangan tujuan ini pasti akan meningkat menjadi kehilangan motivasi. Jika dua hal ini sudah hilang, maka dapat dipastikan produktivitas dalam menulis juga akan mandek. Bagaimana bisa seseorang menulis jika dia sudah kehilangan tujuan? Terlebih jika motivasinya juga ikut memudar. Maka motivasi untuk mencari tujuan tadi juga tidak ada lagi.

Maka, untuk menghadapi kondisi ini, setiap penulis diharapkan mampu mendefinisikan dan mempertegas lagi tujuan utamanya dalam menulis.

Ada beberapa contoh tujuan yang dapat Anda jadikan inspirasi (saya tidak menggunakan istilah “yang dapat Anda pilih”, sebab ini bukan multiple choises).

1. Untuk berbagi ilmu/wawasan/pengetahuan dengan orang lain.      .

2. Untuk berdakwah dan beribadah lewat tulisan;      .

3. Untuk menghibur diri sendiri (sebab menulis ternyata bisa juga digunakan untuk self therapy seperti mengatasi stress dan sebagainya).      .

4. Untuk aktualisasi diri.

Tujuan manakah yang sesuai dengan hati nurani Anda? Tujuan-tujuan yang saya tulis ini hanya contoh saja. Anda tidak perlu terpaku dengan empat tujuan ini karena pada dasarnya tujuan menulis Anda hanya Anda sendirilah yang tahu.

Dengan mengetahui tujuan Anda menulis, maka niscaya motivasi pun akan tumbuh, ide akan datang, dan “umur menulis” juga insya Allah akan makin panjang.

Penjelasan lebih jelas dan gamblang silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Semoga penjelasan saya ini bisa membantu.

Salam sukses untuk Anda!

Jonru

CEO Writers Academy

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/bagaimana-supaya-tidak-mati-dalam-menulis/feed 5
Ada Semangat Tapi Tidak Ada Ide Menulis http://www.belajarmenulis.com/ada-semangat-tapi-tidak-ada-ide-menulis http://www.belajarmenulis.com/ada-semangat-tapi-tidak-ada-ide-menulis#comments Tue, 18 Jan 2011 10:16:22 +0000 Redaksi http://www.belajarmenulis.com/?p=92 Sering tiba-tiba saya merasa semangat ingin menulis. Ketika niat itu akan coba dilaksanakan, terbentur di ide dan kebingungan menulis kata awal ketika mau menulis. Bagaimana itu Pak Jonru kira-kira?

Pengirim: Hariyanto Bin Karjono (Bengkulu) via Jonru Fan Page

Jawaban:

Halo Haryono,

Memang, dalam urusan tulis-menulis ide merupakan hal utama. Karena logikanya tanpa ada ide mana mungkin ada tulisan. Tapi, percayakah Anda kalau ‘ide’ merupakan hal abstrak yang bisa datang tanpa dikira-kira?

Dengan Kiat Menulis Bebas yang diterapkan di SMO (sekarang berubah menjadi Writers Academy) masalah tersebut bisa diatasi. Sebab pada dasarnya ide itu dapat datang bahkan ketika kita sedang dalam proses menulis.

Secara umum, konsep menulis bebas mengedepankan niat atau semangat seperti yang Anda punya itu. Jadi, jika Anda sudah punya semangat menulis, Anda sebetulnya sudah punya modal yang sangat penting. Selamat.

Selanjutnya, jangan biarkan kemandekan itu menghalangi Anda untuk menulis. Bahkan justru jadikan kemandekan itu sebagai ide awal Bapak untuk menulis. Tulis saja seperti ini misalnya

“Saya bingung nih, mau nulis apa. Apa yang harus saya tulis, ya? Kenapa ide sama sekali tidak muncul? Padahal kemarin saya ada ide, lho. Kenapa sekarang idenya hilang tak berbekas? Kenapa? Kenapa saya jadi blank begini?…..”

Berdasarkan pengalaman saya dan orang-orang yang sudah mengaplikasikan kiat menulis bebas, dari tulisan semacam di atas ide akan memancar dengan sendirinya.

Lupakan dulu aturan-aturan tentang penulisan dan teori-teori baku. Ekspresikan dulu spontanitas dan letupan-letupan pikiran yang ada pada saat itu. Pada tahapan ini, Anda tidak perlu mempermasalahkan semua teori tersebut bahkan Anda tidak perlu memeriksa dulu tulisan Anda.

Mungkin Anda akan bertanya kenapa kita tidak memeriksa tulisan kita sejak tahap pertama ini? Bukankah akan lebih efisien? Memang jika kita mementingkan efektifitas itu merupakan langkah yang tepat. Namun, terkadang ketika kita memeriksa tulisan di tengah proses pertama ini, justru akan menghambat ide-ide yang juga muncul karena terganggunya ritme menulis kita. Hasilnya adalah kemandekan-kemandekan dan berdampak berkurangnya semangat menulis. Jadi, daripada kita malah justru berhenti menulis karena mandek, lebih baik tunda dulu memeriksa tulisannya.

Setelah semua tertuang di kertas, beristirahatlah untuk menyegarkan lagi pikiran Anda. Nanti ketika pikiran kembali rileks dan siap diajak “kerja” kembali, barulah mulai memeriksa tulisan Anda tadi.

Pada tahapan inilah Anda mulai kembali menggunakan semua teori yang Anda ketahui tentang penulisan seperti melihat kepaduan dari tiap kalimat, tanda baca, ejaan-ejaan, dan ide besar tulisan Anda sendiri. Karena mungkin saja pada tahapan ini Anda akan melihat bahwa justru tulisan Anda memiliki dua ide besar yang bisa dipisah untuk menjadi tulisan yang berbeda. Hal yang menguntungkan bukan? Jadi Anda tidak kesulitan untuk menulis tulisan Anda selanjutnya.

Cara menulis secara dua tahap ini pada dasarnya hanya langkah awal bagi Anda untuk menemukan ritme menulis Anda sendiri. Pada nantinya ketika Anda sudah lebih mahir, Anda tidak perlu terpaku lagi dengan kiat ini. Anda bisa mengedit tulisan Anda di tengah-tengah proses menulis jika memang hal ini ternyata tidak mengganggu lagi bagi Anda.

Jadi selamat memulai menulis dan tidak perlu ragu lagi. Karena sejatinya kita tidak perlu menjadi ahli untuk memulai tapi kita perlu memulai untuk menjadi ahli.

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan berkunjung ke sini. Di situ Anda akan menemukan penjelasan lebih lengkap dan jelas tentang kiat menulis yang saya paparkan ini.

Terima kasih

Semoga penjelasan ini membantu dan bermanfaat.

Salam sukses untuk Anda!

Jonru

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/ada-semangat-tapi-tidak-ada-ide-menulis/feed 6
Sekolah-Menulis Online Berubah Menjadi Writers Academy http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-berubah-menjadi-writers-academy http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-berubah-menjadi-writers-academy#comments Thu, 13 Jan 2011 01:06:04 +0000 Jonru http://www.belajarmenulis.com/?p=85 smo_writersacademy

jonruRekan-rekan Sekalian,
Sejak Juli 2007 saya mendirikan & mengelola Sekolah-Menulis Online (SMO). Alhamdulillah, banyak kemajuan yang tercapai. Nama SMO makin terkenal, jumlah siswa kami pun sudah 400 orang lebih. Ada di antara mereka yang berhasil menerbitkan buku dan menjadi penulis sukses. Prestasi ini tentu membuat kami sangat bersyukur.

Namun kami punya mimpi yang jauh lebih besar. Kami ingin berbuat lebih banyak lagi untuk para penulis Indonesia. Kami ingin memberikan layanan dan fasilitas yang jauh lebih baik.

Karena itulah, sembari mengucapkan syukur kami umumkan:

Oxford Course IndonesiaSekolah-Menulis Online yang selama ini saya kelola secara pribadi, kini bergabung dengan manajemen Oxford Course Indonesia. Kami bekerja sama mengelola sebuah sekolah menulis yang diberi nama Writers Academy.

Sekolah-Menulis Online akan “beristirahat”. Sebagai penggantinya, semua kegiatan pelatihan penulisan kami akan bernaung di bawah nama Writers Academy.

Apa Beda Writers Academy dengan SMO?

Writers Academy tersedia dalam kelas online maupun tatap muka. Alumninya mendapat sertifikat resmi dari Depdiknas. Pengelolaannya jauh lebih profesional, karena bukan lagi bisnis perorangan. Writers Academy dikelola oleh manajemen Oxford Course Indonesia yang telah berpengalaman 40 tahun dalam menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris dan sejumlah lembaga pendidikan lain di Indonesia.

Kami berharap, semoga perubahan besar ini bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia penulisan dan literasi di Indonesia. Semoga makin banyak penulis yang menghasilkan tulisan-tulisan yang mencerahkan dan mencerdaskan bangsa.

NB: Kami telah membuka Kelas Tatap Muka di Jakarta, dan mulai belajar tanggal 7 Februari 2011 nanti. Untuk pendaftaran dan info selengkapnya, silahkan klik di sini >>

writeracademylogo

Artikel-artikel Terkait:

Terima Kasih dan Salam Sukses!

Jonru
Founder Sekolah-Menulis Online
CEO Writers Academy

NB: Foto ilustrasi atas oleh Muryan Awaludin

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/sekolah-menulis-online-berubah-menjadi-writers-academy/feed 36
HOT INFO: Sekolah-Menulis Online Join dengan Oxford Course Indonesia http://www.belajarmenulis.com/hot-info-sekolah-menulis-online-join-dengan-oxford-course-indonesia http://www.belajarmenulis.com/hot-info-sekolah-menulis-online-join-dengan-oxford-course-indonesia#comments Mon, 03 Jan 2011 23:11:45 +0000 Jonru http://www.belajarmenulis.com/?p=83 Rekan-rekan semua….

Senin kemarin (3 Januari 2011), saya mewakili Sekolah-Menulis Online (SMO) dan Pak Bambang Marsono dari Oxford Course Indonesia (OCI) telah telah menandatangani MoU atau perjanjian kerjasama antara kedua lembaga ini. Ikut hadir juga, Mas Chandra Marsono selaku Ketua Yayasan OCI.

SMO dan OCI mulai sekarang akan bekerja sama dalam menyelenggarakan pelatihan penulisan, baik kelas tatap muka maupun kelas online. Lembaga yang baru ini diharapkan menjadi Sekolah-Menulis Terbesar di Indonesia, karena kami berencana membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. Sebagai tempat kursus (kelas tatap muka), Insya Allah akan menggunakan gedung atau kantor cabang OCI yang sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Alhamdulillah…

Bagi saya pribadi, kerjasama ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa. Selama tiga tahun mengelola SMO sendirian (sempat dibantu beberapa teman juga), saya merasakan banyak sekali kerepotan. Dan perkembangan SMO begitu-begitu saja. Mungkin karena sendirian itulah, ditambah pengetahuan dan keahlian saya di bidang bisnis masih sangat minim.

Kini, pihak OCI akan ikut mengelola dan mengembangkan SMO. Saya juga telah mengajak seorang teman sebagai mitra kerja. Diharapkan, sinergi ini bisa membawa SMO menjadi lebih maju, lebih baik dalam memberikan layanan kepada para siswa dan alumni, dan lebih banyak cabangnya di mana-mana.

Amiin Ya Rabbal Alamiin…

Demikian sekilas info. Terima kasih banyak atas perhatian dan dukungan teman-teman sekalian. Mohon doanya semoga kerjasama ini langgeng, sukses selalu, diridhoi oleh Allah, dan bermanfaat bagi banyak orang.

NB:
Untuk tahap awal, kami telah membuka pendaftaran kelas tatap muka, yang jadwal belajarnya dimulai tanggal 7 Februari 2011. Info lengkap, klik di sini.

Thanks

Jonru
Founder Sekolah-Menulis Online (SMO

sekolah menulis terbesar

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/hot-info-sekolah-menulis-online-join-dengan-oxford-course-indonesia/feed 5
Dibuka Kursus Menulis Kelas Tatap Muka, Bersertifikat & Langsung Menerbitkan Buku! http://www.belajarmenulis.com/dibuka-kursus-menulis-kelas-tatap-muka-bersertifikat-langsung-menerbitkan-buku http://www.belajarmenulis.com/dibuka-kursus-menulis-kelas-tatap-muka-bersertifikat-langsung-menerbitkan-buku#comments Tue, 28 Dec 2010 03:40:09 +0000 Jonru http://www.belajarmenulis.com/?p=79 Artikel ini sudah tidak berlaku, karena itu dihapus oleh admin.

NB: Ingin Kursus Menulis secara Privat? KLIK DI SINI >>

Share

]]>
http://www.belajarmenulis.com/dibuka-kursus-menulis-kelas-tatap-muka-bersertifikat-langsung-menerbitkan-buku/feed 55